PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO CERITA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN GUGUS 2 KECAMATAN PUJUT TAHUN 2020/2021

RINTANG, SUPRAYANDARI (2021) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO CERITA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN GUGUS 2 KECAMATAN PUJUT TAHUN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Rintang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan video cerita Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan Gugus 2 Kecamatan Pujut Tahun 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent kontrol grup. Pada desain ini sampel yang digunakan ada dua yaitu SDN 5 Sengkol dan SDN 1 Sengkol. Instrument yang digunakan yaitu tes objektif pilihan ganda. Hasil uji normalitas data untuk pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan control lebih besar dari 0.05 maka disimpulkan data yang dihasilkan normal. Kemudian tahap uji hipotesis menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan antara hasil awal dan akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol. Apabila hasil lebih kecil dari taraf signifikan 0.05 maka dipastikan adanya perbedaan kemampuan. Hasil uji hipotesis posttest dari kelas kontrol dan eksperimen sebesar 54.32 dan 68.86 menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah adanya perlakuan. Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan media video cerita terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema 1 indahnya kebersamaan gugus 2 kecamatan pujut tahun 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : video cerita terhadap hasil belajar siswa kelas IV
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jul 2021 06:31
Last Modified: 22 Jul 2021 06:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22705

Actions (login required)

View Item View Item