UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN TANGAN MELALUI MEDIA PENGGUNAAN BARANG BEKAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DITK LENTARAHATI ISLAMIC BOARDING SCHOOL MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

JANUR, AINI SAFITRI (2021) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN TANGAN MELALUI MEDIA PENGGUNAAN BARANG BEKAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DITK LENTARAHATI ISLAMIC BOARDING SCHOOL MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JANUR AINI SAFITRI (E1F016037).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurangnya keterampilan tangan dalam penggunaan media dari barang bekas pada anak usia 5-6 tahun di Tk Lenterahati IslamicBoarding School. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan keterampilan tangan melalui penggunaan media dari barang bekas pada anak usia 5-6 tahun. Jenis peneltian yang digunakan peneliti yaitu deskriptif kualitatif . Adapun subjek dalam penelitian ini berjumlah enam anak usia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi,dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskrtiptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan dalam keterampilan tangan melalui penggunaan media dari barang bekas pada anak usia 5-6 tahun, pada pertemuan pertama anak memperoleh nilai persentase rata-rata mencapai (44,73%) sampai dengan (61,8%) kemudian pada pertemuan terakhir terjadi peningkatan dengan memperoleh nilai prsentase rata-rata sebesar (68,42%) sampai dengan (82,89%). Hal ini menunjukan peningkatan keterampilan tangan anak dalam kegiatan membuat media dari barang bekas mengalami peningkatan dilihat dari nilai akhir masing-masing anak sudah berkembang sesuai harapan. Dari peneliti ini dapat disimpulkan bahwa, jika dalam membuat media dari barang bekas diterapkan dengan baik maka dapat meningkatkan keterampilan tangan anak usia 5-6 tahun di Tk Lenterahati islamicBoarding School.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Meningkatkan Keterampilan Tangan, Barang Bekas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jul 2021 06:31
Last Modified: 22 Jul 2021 06:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22707

Actions (login required)

View Item View Item