ANALISIS KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V DI GUGUS V GUNUNG SARI TAHUN 2020 – 2021

Wiwin, Januarti (2021) ANALISIS KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V DI GUGUS V GUNUNG SARI TAHUN 2020 – 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Wiwin Januarti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dilandasi dengan kurang optimalnya guru dalam mengajarkan membaca cepat pada siswakelas V SDN Gugus V Gunung Sari. Penelitianini mendeskripsikan bagaiamana kemampuan mengajar guru seperti masalah-masalah yang dihadapi guru dalam pembelajaran membaca cepat.Penelitianini merupakan penelitian deskriptif, yang merupakan suatu rangkaian kegiatan yang sistematis untuk memperoleh jawaban bagaimana kemampuan guru dalam mengajar seperti permasalahan guru.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kusioner. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif dari milles& Huberman yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan verifikasi data. Hasil penelitian berdasarkan dengan pengamatan langsung dari subjek penelitianya itu terdiri dari 6 subjek penelitian yaitu 6 guru di sekolah menunjukan bahwa: (1) guru memiliki beberapa kesulitan dalam hambatan dalam pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran membaca cepat, (2) guru memiliki hambatan perihal waktu ketika ingin mengajarkan pembelajaran membaca cepat (3) guru belum optimal dalam mengajarkan membaca cepat di dalam kelas (4) kemampuan membaca cepat dari siswa kelas V SDN Gugus V Gunung sari rata- rata memiliki kategori baik. Adapun penyebab hambatan guru ini di antaranya: guru memiliki masalah kekurangan jam atau kekurangan waktu untuk membelajarkan pembelajaran membaca cepat (2) kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh guru dalam pembelajaran membaca cepat (3) kurang ditingkatkannya kinerja guru, (4) kesulitan membaca cepat pada siswa kelas V SDN Gugus V Gunung sari jugaterletak pada faktor eksternal dalam pembelajaran, seperti faktor keluarga, ekonomi, IQ dan psikologis,akan tetapi faktor tersebut dapat diminimalisir dengan kinerja guru dalam mengajar”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: kemampuan mengajar guru, membaca cepat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jul 2021 06:31
Last Modified: 22 Jul 2021 06:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22709

Actions (login required)

View Item View Item