HUBUNGAN RINITIS ALERGI DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN ATAS AKUT PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Melati, Rahadianingsih (2021) HUBUNGAN RINITIS ALERGI DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN ATAS AKUT PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI - Melati Rahadianingsih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Rinitis alergi adalah suatu keadaan terjadinya inflamasi pada mukosa hidung yang disebabkan oleh reaksi alergi. Peningkatan inflamasi alergi yang terjadi secara terus-menerus dapat menyebabkan gangguan klirens mukosilier, kerusakan epitel, dan menginduksi edema mukosa yang merupakan faktor predisposisi terjadinya infeksi saluran pernapasan atas akut. Kecenderungan seseorang mengalami ISPA akut dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah riniris alergi yang berkepanjangan. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan metode cross-sectional pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Non Probability Consecutive Sampling. Data dari responden diperoleh dengan pengisian kuesioner dalam bentuk Google Form. Penelitian ini menggunakan uji Chi Square. Hasil: Total subjek penelitian adalah 181 orang. Dari keseluruhan total subjek didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa responden dengan rinitis alergi sebesar 48,6%, dimana responden perempuan merupakan penderita paling banyak. Terdapat 34,8% responden dengan rinitis alergi yang mengalami ISPA akut. Hasil uji Chi Square didapatkan nilai p = 0,000. Hal ini menunjukkan hubungan antar variabel signifikan secara statistik. Kesimpulan: Rinitis alergi berhubungan signifikan dengan kejadian infeksi saluran pernapasan atas akut pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Rinitis Alergi, Infeksi Saluran Pernapasan Atas Akut, mahasiswa kedokteran
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jul 2021 07:01
Last Modified: 22 Jul 2021 07:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22720

Actions (login required)

View Item View Item