KAJIAN APLIKASI BERBAGAI JENIS PUPUK CAIR HAYATI DAN DOSIS PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill)

Lalu, Wadi Prastiawan (2021) KAJIAN APLIKASI BERBAGAI JENIS PUPUK CAIR HAYATI DAN DOSIS PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lalu Wadi Prastiawan (C1M015100).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk cair hayati yang dikombinasi dengan pupuk anorganik pada dosis yang berbeda terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat, serta mengetahui kombinasi yang tepat antara penggunaan pupuk cair hayati dan dosis pupuk anorganik pada dosis yang berbeda dalam upaya mengurangi penggunaan pupuk anorganik NPK. Pernelitian ini dilaksanakan dari bulan Juli sampai bulan Oktober 2020 yang bertempat di Dusun Amor-amor, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi NTB pada ketinggian 60 m dpl. Rancangan acak yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok faktor tunggal. Penelitian ini terdiri dari 7 perlakuan dengan 3 ulangan, yaitu A = NPK Phonska Plus (100%), B = Pomi + NPK (75%), C = Pomi + NPK (50%), D = Extragen + NPK (75%), E = Extragen + NPK (50%) F = Ecofarming + NPK (75%) dan G = Ecofarming + NPK (50%). Parameter yang diamati meliputi tinggi tanaman, diameter batang, jumlah cabang produktif, bobot buah pertanaman, bobot buah perpetak dan jumlah buah pertanaman. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analysis of variance ANOVA pada taraf nyata 5%. Perlakuan yang berbeda nyata akan dilakukan uji lanjut dengan menggunakan uji beda nyata jujur (BNJ) pada taraf nyata 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa, aplikasi pupuk cair hayati yang dikombinasikan dengan berbegai dosis pupuk NPK memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata terhadap pertunbuhan dan hasil tanaman tomat. Pupuk cair hayati Pomi, Extragen dan Ecofarming mampu menekan penggunaan pupuk NPK Phonska sampai dengan dosis 50%. Namun demikian, hasil tertinggi terdapat pada perlakuan pupuk cair hayati Ecofarming + NPK 75% dengan hasil sebesar 8,72 kg/petak atau setara dengan 27.904 kg/ha (27,904 ton/ha).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Phonska Plus, Pupuk Cair Hayati, Tomat.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jul 2021 07:39
Last Modified: 22 Jul 2021 07:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22724

Actions (login required)

View Item View Item