PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DITANAM DI LUAR MUSIM DENGAN PERLAKUAN PUPUK DAUN

Merita, Eka Armiati (2021) PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DITANAM DI LUAR MUSIM DENGAN PERLAKUAN PUPUK DAUN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_MERITA EKA ARMIATI_C1M017082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Cabai rawit (Capsicum frutescens L.) merupakan salah satu komoditas hortikultura yang dibutuhkan sepanjang tahun. Pada musim tertentu seperti musim penghujan, produksi cenderung rendah karena rendahnya hasil tanaman cabai. Oleh karena itu penting untuk mendapatkan teknologi budidaya tanaman cabai rawit di luar musim. Penelitiaan ini bertujuan untuk mempelajari pertumbuhan dan hasil dua varietas cabai rawit yang ditanam di luar musim dengan perlakuan konsentrasi pupuk daun POMI yang berbeda. Satu percobaan dilakukan pada bulan Oktober 2020-Maret 2021 di lahan kering Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, kabupaten Lombok Utara. Faktor-faktor yang diuji adalah varietas (Sret dan Taruna) dan faktor konsentrasi pupuk daun POMI (0%, 1,0% dan 1,5%). Perlakuan ditata menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) faktorial dengan tiga ulangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa varietas dan konsentrasi pupuk daun POMI berinteraksi dalam mempengaruhi jumlah bunga dan jumlah buah. Jumlah bunga dan jumlah buah terbanyak dihasilkan oleh varietas Taruna yang diberikan pupuk daun POMI dengan konsentrasi 1,5%. Varietas Taruna menunjukkan pertumbuhan dan hasil yang lebih baik dari Sret sementara konsentrasi pupuk daun POMI yang mengasilkan pertumbuhan dan hasil tanaman terbaik adalah 1,5%. Untuk mendapatkan hasil yang tinggi pada budidaya tanaman cabai di luar musim disarankan untuk menanam varietas Taruna dan diperlakukan dengan pupuk daun POMI dengan konsentrasi1,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : buah, bunga, hujan, konsentrasi, lahan kering
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jul 2021 00:41
Last Modified: 23 Jul 2021 00:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22734

Actions (login required)

View Item View Item