PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) YANG DITANAM DI LUAR MUSIM DENGAN PERLAKUAN PUPUK KANDANG PLUS

Hidayatul, Fathi (2021) PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) YANG DITANAM DI LUAR MUSIM DENGAN PERLAKUAN PUPUK KANDANG PLUS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_HIDAYATUL FATHI_C1M017048.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Cabai rawit merupakan salah satu komoditas hortikultura yang produksinya rendah di musim penghujan (off-season) karena potensi gugur bunga dan serangan penyakit tanaman yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang plus dan varietas terhadap pertumbuhan dan hasil beberapa tanaman cabai rawit yang ditanam di luar musim. Pe rcobaan dilakukan pada musim penghujan tahun 2020/2021 di Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Perlakuan ditata menggunakan rancangan Split Plot (Petak Terpisah) dengan tiga ulangan. Sebagai petak utama adalah perlakuan pupuk kandang dengan 2 aras perlakuan, dengan dan tanpa pupuk kandang plus, sebagai anak petak adalah varietas, Taruna, Sret dan Mutiara Bumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinggi tanaman dan jumlah daun pada umur 56 HST dan 98 HST dipengaruhi secara nyata oleh perlakuan pupuk kandang plus, dan juga oleh varietas. Pengaruh perlakuan varietas menunjukkan hasil yang berbeda nyata pada variabel hasil, seperti berat buah per tanaman dan berat buah per petak. Hasil tertinggi ditunjukkan oleh varietas Taruna sementara varietas Sret dan Mutiara Bumi tidak menunjukkan hasil yang berbeda. Terdapat interaksi antara perlakuan pupuk kandang dan varietas pada variabel jumlah bunga, jumlah buah dan persentase gugur bunga. Pengaruh interaksi terbaik terjadi pada perlakuan varietas Taruna yang diperlakukan dengan pupuk kandang plus. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan untuk menanam varietas Taruna dengan perlakuan pupuk kandang plus jika ingin memperoleh hasil cabai rawit yang tinggi di luar musim di lahan kering.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Bunga, buah, gugur bunga, hujan, lahan kering.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jul 2021 00:41
Last Modified: 23 Jul 2021 00:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22736

Actions (login required)

View Item View Item