PENAMBAHAN TEPUNG BAYAM MERAH (Amaransthus tricolor L.) PADA PAKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS WARNA IKAN KOI (Cyprinus carpio)

MUHAMMAD, AIDIL DESTA PUTRA (2021) PENAMBAHAN TEPUNG BAYAM MERAH (Amaransthus tricolor L.) PADA PAKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS WARNA IKAN KOI (Cyprinus carpio). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
muhammad aidil.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu kriteria pemilihan ikan koi yang baik adalah memiliki warna cemerlang dan kontras tanpa ada gradasi warna atau bayangan. Beberapa faktor yang mempengaruhi kecerahan warna pada ikan koi adalah faktor genetik, lingkungan dan nutrisi pakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh penambahan tepung bayam merah pada pakan untuk meningkatkan kualitas warna ikan koi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pola Rancanagan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan sehingga diperoleh 12 unit percobaan; P0 dengan penambahan 0% Tepung Bayam Merah, P1 dengan penambahan 3% Tepung Bayam Merah, P2 dengan penambahan 6% Tepung Bayam Merah, dan P3 dengan penambahan 9% Tepung Bayam Merah. Untuk parameter penelitian yang diamati meliputi peningkatan kualitas warna, kandungan karotenoid pada ikan, pertumbuhan berat mutlak, pertumbuhan panjang mutlak, laju pertumbuhan relatif, laju pertumbuhan spesifik, rasio konversi pakan, kelangsungan hidup dan kualitas air. Berdasarkan hasil analisis sidik ragam (ANOVA) menunjukkan bahwa penambahan tepung bayam merah dengan konsentrasi 9% pada pakan memberikan pengaruh nyata terhadap kandungan karotenoid pada ikan, peningkatan kualitas warna, pertumbuhan berat mutlak, laju pertumbuhan relatif dan laju pertumbuhan spesifik. Akan tetapi penambahan tepung bayam merah pada pakan tidak memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan panjang mutlak, rasio konversi pakan dan kelangsungan hidup ikan koi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Bayam merah, kualitas warna, pakan, ikan koi
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jul 2021 00:41
Last Modified: 23 Jul 2021 00:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22742

Actions (login required)

View Item View Item