STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DAN PEMASARAN PRODUK AGROINDUSTRI KELAPA UMKM MANFAAT NYIUH DAYA DI KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA

Ratna, Gumilang (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DAN PEMASARAN PRODUK AGROINDUSTRI KELAPA UMKM MANFAAT NYIUH DAYA DI KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1G017171_FILE SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal (kekuatan, kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) usaha agroindustri kelapa UMKM Manfaat Nyiuh Daya dan merumuskan strategi pengembangan usaha dan pemasaran produk agroindustri kelapa UMKM Manfaat Nyiuh Daya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang dihadapi dalam pemasaran produk agroindustri kelapa. Kekuatannya antara lain: bahan baku yang melimpah dan mudah didapatkan, sumber daya manusia cukup terampil, teknologi yang modern, kualitas produk sudah Standar Nasional Indonesia (SNI), dan harga produk yang cukup terjangkau. Kelemahannya antara lain: keterbatasan modal, tidak memiliki sertifikat organik untuk ekspor, dan kurangnya promosi. Peluangnya antara lain: peluang pasar luas, permintaan pasar meningkat, dan dukungan pemerintah. Ancamannya antara lain: harga bahan baku berfluktuatif dan perusahaan pesaing dengan produk yang sama. dan strategi pengembangan dan pemasaran yaitu meningkatkan jumlah penjualan produk agroindustri kelapa, meningkatkan kemampuan permodalan untuk meningkatkan kemampuan pasar dengan dukungan pemerintah, mempertahankan mutu/kualitas produk dengan teknologi modern untuk menghadapi pesaing, meningkatkan kerja sama dengan pemerintah, mempertahankan produksi sesuai permintaan dan kemampuan modal serta meningkatkan kegiatan promosi, menguasai bauran pemasaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Faktor Internal, Faktor Eksternal, SWOT, Strategi, Kelapa, Agroindustri.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jul 2021 02:08
Last Modified: 23 Jul 2021 02:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22750

Actions (login required)

View Item View Item