Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X Akademi Perhotelan 2 SMK Negeri 1 Pujut

Baiq, Fintha Luhpianida Handini (2021) Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X Akademi Perhotelan 2 SMK Negeri 1 Pujut. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
E1C017012_BAIQ FINTHA LUHPIANIDA HANDINI_BAHASA INDONESIA REGULER PAGI 2017(3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Diterapkan dalam Pembelajaran Menulis Puisi Kelas X Akademi Perhotelan 2 (AP2) SMK Negeri 1 Pujut.. Dalam penelitian ini, digunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design. Penelitian ini melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis proyek efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas X Akademi Perhptelan 2 (AP2) SMK Negeri 1 Pujut. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya semua indikator keefektifan yang dirincikan sebagai berikut: hasil keterampilan menulis siswa dengan persentase (64%) kelas X Akademi Perhotelan 2 (AP2) SMK Negeri 1 Pujut setelah digunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih besar dari 77 (KKM). Rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 95,78% siswa aktif-sangat aktif. Penggunaan model pembelajaran berbasis proyek pada siswa mendapat respons positif sebesar 94,8. Nilai rata-rata posttest sebesar 80,60 yang berada pada kategori terampil dibandingkan dengan hasil pretest sebesar 65,12 yang berada pada kategori cukup terampil dimana peningkatannya mencapai 15,48. Berdasarkan kriteria keefektifan pembelajaran yang dikemukakan, maka model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran menulis puisi siswa efektif diterapkan pada siswa X Akademi Perhotelan 2 (AP2) SMK Negeri 1 Pujut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Menulis Puisi Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 02:59
Last Modified: 26 Jul 2021 02:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22762

Actions (login required)

View Item View Item