RESPON TANAMAN PORANG (Amorphophallus muelleri Blume) PADA PEMBERIAN BIOCHAR DAN PUPUK KANDANG DI LAHAN KERING KABUPATEN LOMBOK UTARA

Muhammad, Zainul Alpan (2021) RESPON TANAMAN PORANG (Amorphophallus muelleri Blume) PADA PEMBERIAN BIOCHAR DAN PUPUK KANDANG DI LAHAN KERING KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
final skripsi-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui respon tanaman porang (Amorphophallus muelleri Blume) pada pemberian biochar dan pupuk kandang telah dilaksanakan di suatu lahan kering berjanis tanah Entisol di Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini menerapkan Rancangan Acak Kelompok dalam pola faktorial 2×3. Faktor pertama adalah biochar dalam 2 perlakuan yaitu tanpa biochar dan dengan biochar 20 ton ha-1; sementara faktor kedua adalah pupuk kandang yang diberi takaran 0, 10 dan 20 ton ha-1 . Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, diamter batang dan hasil umbi, Data hasil percoban dianalisis menggunakan anova (Analysis of Variance) dan dilanjutkan dengan uji BNJ 5% . Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman porang mempunyai respon positip terhadap pemberian biochar dan pupuk kandang, Pemberian biochar dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman porang. Pemberian pupuk kandang secara khsus memperlihat pengaruh yang linier terhadap pertumbuhan tanaman yaitu tingi tanaman dan diameter batang porang, Namun tidak berpengaruh nyata pada komponen umbi porang, Meskipun demikian secara kuantitatif selisih berat umbi dari perlakuan tanpa pupuk kandang dan dengan pupuk kandang 20 ton ha-1 cukup besar, yaitu sekitar 30% atau 400 g per batang. Pengaruh pupuk yang nyata diperlihatkan pada takaran tertinggi, yaitu 20 ton ha-1 Pada takaran tersebut kandungan N total dalam pupuk kandang berkisar 107 kg ha. Jumlah tersebut diperkirakan cukup untuk cadangan hara N tersedia selam pertumbuhan tanaman porang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Biochar, Pupuk Kandang, porang.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 02:59
Last Modified: 26 Jul 2021 02:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22768

Actions (login required)

View Item View Item