OPTIMASI PEMUPUKAN NITROGEN UNTUK TANAMAN PORANG (Amorphophalus muelleri Blume) YANG DIBERI MEDIA COCOPEAT DAN TANPA DIBERI MEDIA COCOPEAT DI KABUPATEN LOMBOK UTARA

Warosatul, Auliya Ar (2021) OPTIMASI PEMUPUKAN NITROGEN UNTUK TANAMAN PORANG (Amorphophalus muelleri Blume) YANG DIBERI MEDIA COCOPEAT DAN TANPA DIBERI MEDIA COCOPEAT DI KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WAROSATUL AULIYA AR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)

Abstract

Abstrak: Suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh cocopeat dan tingkat dosis optimum pemupukan nitrogen untuk tanaman porang (Amorphophalus muelleri Blume) telah dilaksanakan di suatu tanah Entisol lahan kering Kabupaten Lombok Utara. Penelitian dilakukan dengan menerapkan teknik percobaan lapangan yang dilaksanakan mulai bulan September 2020 sampai dengan Februari 2021. Percobaan menerapakan Rancangan Acak Kelompok (RAK)dalam pola factorial 2 x 4.Faktor pertama; adalah tanpa pemberian Cocopeat dan dengan pemberian Cocopeat sedangkan faktor kedua; adalah dosis pupuk N yang diberikan pada 0, 30, 60 dan 90 kg ha-1berturur-turut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian cocopeat maupun pemupukan N masing-masing mempunyai pengaruh nyata terhadap peningkatan pertumbuhan dan hasil umbi porang. Pemupukan N memperlihatkan pengaruh kuadratik dimana dosis tertinggi mempunyai pengaruh negatif, Dosis pemupukan N yang optimum diperoleh pada dosis 58 kg N ha-1 atau setara dengan 129 kg urea per ha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Porang, Cocopeat, Dosis Optimum.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 02:59
Last Modified: 26 Jul 2021 02:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22774

Actions (login required)

View Item View Item