ANALISIS KECUKUPAN RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) UDAYANA SEBAGAI PENYERAP EMISI GAS KARBON DIOKSIDA (CO2) DAN SIMPANAN KARBON DI KOTA MATARAM

MUHAMMAD, HARUN (2021) ANALISIS KECUKUPAN RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) UDAYANA SEBAGAI PENYERAP EMISI GAS KARBON DIOKSIDA (CO2) DAN SIMPANAN KARBON DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HARUN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jalur hijau Udayana Kota Mataram merupakan salah satu kawasan hijau yang memiliki fungsi ekologis, sosial budaya, ekonomi dan estetika dan memiliki tingkat aktifitas atau kesibukan transportasi yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur emisi CO2 dan simpanan karbon pada RTH Udayana di Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam peneliti ini adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dalam dua kegiatan yaitu pengambilan data pohon dan data kendaraan. Pengumpulan data tegakan pohon diperoleh dari penelitian sebelumnya yang dilakukan dengan metode sensus. Selanjutnya pengumpulan data kendaraan dilakukan dengan menghitung jumlah kendaraan per 15 menit selama rentang waktu satu jam di lokasi yang sama, sebanyak empat kali selama 3 hari. Hasil penelitian menunjukkan emisi CO2 yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor pada zona barat 13.128,16 ton/tahun, zona timur 26.829,78 ton/tahun sementara daya serap CO2 zona barat 2.072,55 ton/tahun, zona timur 5.206,08 ton/tahun sehingga terdapat sisa emisi CO2 zona barat 11.056 ton/tahun, zona timur 21.624 ton/tahun. Nilai sisa emisi menunjukkan bahwa RTH Udayana belum berfungsi secara optimal. Simpanan karbon pada zona barat 94.319 ton/tahun, zona timur 73.733 ton/tahun yang menandakan RTH Udayana menyimpan karbon dalam jumlah yang cukup besar untuk wilayah perkotaan. Berdasarkan nilai emisi CO2, daya serap CO2, dan sisa emisi CO2 yang ada, strategi yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan fungsi jalur hijau Udayana adalah dengan peremajaan vegetasi yang memiliki kemampuan penyerapan tinggi yaitu jenis S. saman, B. purpurea, A. auriculiformis, P. Indicus dan P. longifolia. Serta pembatasan volume kendaraan, zona barat 38.955 unit/tahun, zona timur 95.840 unit/tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: daya serap CO2, emisi CO2, RTH Udayana, simpanan karbon
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:00
Last Modified: 26 Jul 2021 03:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22780

Actions (login required)

View Item View Item