ANALISIS TINGKAT KENYAMANAN RUANG TERBUKA HIJAU UDAYANA DI KOTA MATARAM

Surya, akbar Putra (2021) ANALISIS TINGKAT KENYAMANAN RUANG TERBUKA HIJAU UDAYANA DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ruang terbuka hijau Udayana adalah ruang terbuka hijau publik berbentuk jalur hijau yang memiliki beberapa fungsi seperti tempat bermain dan berolahraga, tempat komunikasi, tempat peralihan dan menunggu, serta sebagai tempat mendapatkan udara yang segar. Tujuan penelitian ini untuk menilai kenyamanan iklim mikro dari suhu dan kelembaban ruang terbuka hijau Udayana, dan untuk mengetahui nilai kenyamanan dari persepsi pengunjung ruang terbuka hijau Udayana. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Januari-Maret 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan data suhu dan kelembaban udara dilakukan pengulangan selama 15 hari, sedangkan pengambilan data persepsi pengunjung ruang terbuka hijau Udayana dilakukan pada akhir pekan selama 4 hari. Hasil penelitian rata-rata menunjukan nilai Temperature Humidity Index perwaktu pengamatan, pagi 25,7 (sedang), siang 28,6 (tidak nyaman), sore 26,8 (tidak nyaman), sedangkan Persepsi kenyamanan pengunjung ruang terbuka hijau Udayana berdasarkan pembagian waktu, pagi nilai interval 30,5 ( sangat nyaman), siang nilai interval 18,3 (tidak nyaman), sore nilai interval 25,3( nyaman). Nilai uji chi-square menggunakan tabel crosstabs menunjukan hasil 0,238, > 0,05, artinya bahwa tidak ada keterkaitan antara variabel iklim mikro dan persepsi pengunjung di ruang terbuka hijau Udayana.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Ruang terbuka hijau Udayana, Temperature Humidity Index, Iklim mikro, Persepsi pengunjung.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:00
Last Modified: 26 Jul 2021 03:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22781

Actions (login required)

View Item View Item