PENGARUH BERAT BIBIT AWAL BERBEDA PADA BUDIDAYA Sargassum sp. METODE PATOK DASAR DI TELUK EKAS KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR

ROVI, RATNA SARI (2021) PENGARUH BERAT BIBIT AWAL BERBEDA PADA BUDIDAYA Sargassum sp. METODE PATOK DASAR DI TELUK EKAS KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Rovi Ratnasari_budidaya Sargassum sp. metode patok dasar diT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rumput laut Sargassum sp. merupakan jenis rumput laut dari kelompok alga coklat penghasil alginat yang tersebar di perairan tropis, termasuk di pulau Lombok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berat bibit awal berbeda terhadap pertumbuhan rumput laut Sargassum sp. yang dibudidayakan dengan metode patok dasar. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan mneggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan pada penelitian ini terdiri atas 5 perlakuan dengan 4 kali ulangan, yaitu A (berat bibit 25 g), B (berat bibit 50 g), C kontrol (berat bibit 100 g), D (berat bibit 150 g), E (berat bibit 200 g). Data dianalisis menggunakan analysis of variance (ANOVA) pada taraf nyata 5% dengan selang kepercayaan 95% dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan berat mutlak Sargassum sp. selama 30 hari masa budidaya dengan berat bibit awal berbeda berkisar antara 306,25 g – 568 g. Laju pertumbuhan spesifik Sargassum sp. berkisar antara 19,07% – 21,14%. Jumlah daun Sargassum sp. berkisar antara 2193 - 4214 helai. Jumlah buah Sargassum sp. berkisar antara 2579 – 4224 buah. Kesimpulan penelitian ini adalah berat bibit awal yang berbeda memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan Sargassum sp. Pertumbuhan yang paling baik adalah perlakuan E yaitu berat bibit 200 g.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Rumput laut, alga coklat, alginat, bobot.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:00
Last Modified: 26 Jul 2021 03:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22784

Actions (login required)

View Item View Item