KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU (Rhoapalocera) DI DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) TAMAN HUTAN RAYA SESAOT SEBAGAI PENGAYAAN MATERI PRAKTIKUM EKOLOGI HEWAN

Rawindy, Aulia Hapsari (2021) KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU (Rhoapalocera) DI DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) TAMAN HUTAN RAYA SESAOT SEBAGAI PENGAYAAN MATERI PRAKTIKUM EKOLOGI HEWAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RAWINDY AULIA HAPSARI E1A017062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kupu-kupu merupakan salah satu jenis serangga yang berasal dari ordo lepidoptera yang berarti mempunyai sayap bersisik. Sisik inilah yang memberi corak pada sayap kupu-kupu. Kupu kupu berfungsi sebagai pollinator yang membantu tumbuhan dalam bereproduksi. Selain itu, kupu-kupu sangat menyukai lingkungan yang dekat dengan aliran sungai, sehingga memungkinkan adanya aktivitas kupu-kupu di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Taman Hutan Raya sesaot. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi spesies kupu-kupu (subordo Rhopalocera) dan mengetahui tingkat keanekaragaman kupu-kupu di Daerah Aliran Sungai (DAS) Taman Hutan Raya Sesaot. Penelitian ini dilaksanakan bulan Januari-Februari 2021 di Daerah Aliran Sungai (DAS) Taman Hutan Raya Sesaot pada 3 titik yaitu jalur air 1,jalur pinggir hutan dan jalur air 2. Metode pengambilan sampel kupu-kupu dilakukan dengan metode survei secara purposive. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan jaring serangga. Analisis keanekaragamaan kupu-kupu menggunakan indeks keanekaragaman (H’) dan indeks dominansi (D). Hasil analisis indeks keanekaragaman (H’) untuk seluruh jenis yaitu 2,29 (kategori sedang). Analisis indeks dominansi diperoleh untuk seluruh jenis yaitu 0,13 (tergolong rendah). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan 16 spesies (164 individu) yang termasuk ke dalam 4 famili yaitu Papilionidae,Nymphalidae, Pieridae, dan Lycaenidae.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: keanekaragaman, dominansi, kupu-kupu, hutan sesaot.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:00
Last Modified: 26 Jul 2021 03:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22787

Actions (login required)

View Item View Item