STUDI PERAN GANDA IBU RUMAH TANGGA PEKERJA HOME INDUSTRY DI KELURAHAN KELAYU SELATAN KECAMATAN SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR

DEBI, ALIZA (2021) STUDI PERAN GANDA IBU RUMAH TANGGA PEKERJA HOME INDUSTRY DI KELURAHAN KELAYU SELATAN KECAMATAN SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI STUDI PERAN GANDA PERMPUAN DI DESA KELAYU SELATAN KECAMATAN SELONG LOMBOK TIMUR-converted(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peran perempuan dalam rumah tangga saat ini telah mengalami perubahan, seorang ibu rumah tangga tidak hanya berperan dalam sektor domestik saja namun kini telah mengalami perubahan dengan bertambahnya peran pada sektor publik dan sosial. Hal ini yang terjadi pada masyarakat di Kelurahan Kelayu Selatan sehingga peneliti tertarik melakukan Penelitian yang berjudul “Studi Peran Ganda Ibu Rumah Tangga Pekerja Home Industry di Kelurahan Kelayu Selatan Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur”. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Menggunakan tiga teknik pengumpulan data antara lain observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling, subjek tersebut adalah ibu rumah tangga yang bekerja di Home Industry di Kelurahan Kelayu Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: bentuk-bentuk peran ganda yang dilaksanakan oleh ibu rumah tangga di Kelurahan Kelayu Selatan secara umum menjadi tiga yaitu (1) Peran sebagai ibu rumah tangga, (2) peran sebagai mencari nafkah dan (3) Peran sosial. Kemudian faktor-faktor yang melatarbelakangi Ibu rumah tangga bekerja di Home Industry ada dua faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi tingkat pendidikan yang rendah, keinginan untuk mengisi waktu luang dan adanya keinginan untuk bersikap mandiri sedangkan faktor ekternal terdiri dari faktor keluarga dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Peran Ganda, Ibu Rumah Tangga, Home Industry
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:01
Last Modified: 26 Jul 2021 03:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22799

Actions (login required)

View Item View Item