PERENCANAAN ULANG JEMBATAN SULIN-LOMBOK PADA RUAS JALAN GERUNG/PATUNG SAPI -BIL (KM 4+719) DENGAN MENGGUNAKAN BOX GIRDER BAJA

DEVI, YUDANTA UDAYANI (2021) PERENCANAAN ULANG JEMBATAN SULIN-LOMBOK PADA RUAS JALAN GERUNG/PATUNG SAPI -BIL (KM 4+719) DENGAN MENGGUNAKAN BOX GIRDER BAJA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Akhir Skripsi Devi Yudanta (F1A017034).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Jembatan Sulin merupakan salah satu prasarana transportasi darat yang mempunyai peranan penting menghubungkan kota Mataram dengan BIL (Bandara Internasional Lombok) yang terletak di Kokok Sulin Desa Kuripan, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat yang memiliki bentang 60 m dengan 1 pilar ditengahnya. Jembatan ini menggunakan kontruksi precast concrete I (PC-I) girder. Dalam tugas akhir ini dilakukan perencanaan ulang Jembatan Sulin menggunakan box girder baja dengan mempertimbangkan proses pelaksanaan di lapangan yang susah maka tetap mempertahankan menggunakan pilar di tengah bentang jembatan. Perencanaan jembatan ini dimulai dengan penjelasan mengenai latar belakang pemilihan konstruksi jembatan, perumusan tujuan perencanaan hingga lingkup pembahasan, dan diikuti dengan dasar-dasar perencanaan untuk mendesain box girder baja menggunkan pedoman AASHTO dan analisa pembebanan menggunakan SNI 1725:2016. Dari data-data perencanaan kemudian dilakukan preliminary design, kemudian dilakukan analisa pembebanan, dimana analisa beban yang terjadi yaitu analisa berat sendiri, beban mati tambahan, beban lajur (BTR dan BGT), beban pejalan kaki, gaya rem, beban angin, dan beban gempa. Selanjutnya dilakukan analisa struktur bangunan atas jembatan yang terdiri dari sandaran, trotoar, kerb, pelat lantai dan box girder baja dan elastomer dilanjutkan dengan kontrol lendutan bangunan atas jembatan. Setelah perhitungan struktur bangunan atas jembatan dilakukan, tahap selanjutnya yaitu perhitungan bangunan bawah jembatan yang terdiri dari abutment, pilar dan pondasi. Hasil analisis didapatkan box girder baja yang digunakan memiliki tinggi 2 m dengan lebar jembatan 9.6 m dan panjang jembatan 60 m. Beban yang diterima oleh box girder adalah 87.149 kN/m beban sendiri (MS), 11.34 kN/m beban mati tambahan (MA), 343 kN beban lajur “TD” tanpa faktor beban dinamis, 480.2 kN dengan faktor beban dinamis (FBD), 5 kN beban merata pejalan kaki (TP), 249.75 kN.m beban akibat gaya rem (TB), 1.5 kN/m akibat beban angin (EW), dan 34.8 kN/m beban gempa (EQ). Besar lendutan pada saat kontruksi (sebelum komposit) 0.0125 m, besar lendutan pada saat komposit tanpa beban hidup 0.0325 m, dan besar lendutan pada saat komposit dengan beban hidup 0.0365 m. Dimensi bangunan bawah digunakan abutment dengan tinggi 6 m dan pilar dengan tinggi 5 m. Adapun pondasi menggunakan pondasi dalam (tiang pancang) dengan diameter 0.5 m, untuk abutment terdapat 12 buah tiang pancang dan untuk pilar terdapat 8 buah tiang pancang untuk kedalaman masing-masing 15 m.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Box Girder, Baja, Komposit, Jembatan Sulin
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:02
Last Modified: 26 Jul 2021 03:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22812

Actions (login required)

View Item View Item