ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT CADMIUM (Cd) PADA BANDENG (Chanos Chanos Forsk) DARI PERTAMBAKAN BANDENG TELUK BIMA TAHUN 2020

Bukhari, Muslim (2021) ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT CADMIUM (Cd) PADA BANDENG (Chanos Chanos Forsk) DARI PERTAMBAKAN BANDENG TELUK BIMA TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Bukhari Muslim E1A107011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian analisis kandungan logam berat cadmium (Cd) pada bandeng (Chanos Chanos Forsk) dari pertambakan bandeng Teluk Bima Tahun 2020 ini adalah mengetahui berapa kandungan logam berat cadmium (Cd) pada bandeng (Chanos chanos Forsk) dari pertambakan bandeng Teluk Bima. Manfaat dalam penelitian ini adalah untuk memberikan informasi terkait kandungan logam berat cadmium (Cd) pada bandeng (Chanos chanos Forsk) dan melindungi masyarkat atau konsumen yang mengkonsumsi bandeng dari kontaminan logam berat. Penelitian dilakukan di Teluk Bima yaitu di 2 titik lokasi penelitian yaitu kelurahan Melayu, Kota Bima dan Palibelo, Kabupaten Bima. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel bandeng diambil langsung pada areal tambak 3 ekor di masing masing lokasi. Selanjutnya sampel dimasukkan ke dalam kotak sampel yang sebelumnya sudah di cuci bersih. Sampel penelitian kemudian dianalisis di laboratorium analitik UNRAM. Kemudian dianalisis kandungan logam berat cadmium (Cd) dengan menggunakan alat AAS (Atomic Absorption Spectrophotometer). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada lokasi penelitian Palibelo, Kabupaten Bima pada sampel PB 1 mengandung cadmium (Cd) sebesar 30 ppm, pada sampel PB 2 sebesar 40 ppm dan pada sampel PB 3 sebesar 10 ppm. Selanjutnya pada lokasi kelurahan Melayu, Kota Bima pada sampel KM 1 sebesar 30 ppm, pada sampel KM 2 sebesar 40 ppm dan pada sampel KM 3 sebesar 20 ppm. Kandungan logam berat cadmium (Cd) pada ikan bandeng (Chanos chanos forsk) dari Teluk Bima melebihi ambang batas sesuai peraturan BPOM No. 5 Tahun 2018 adalah sebesar 0,1 ppm. Adanya kandungan logam berat cadmium (Cd) yang melebihi ambang batas ini menunjukkan bahwa di perairan Teluk Bima sudah terkontaminasi oleh logam berat Cadmium (Cd).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Cadmium (Cd), Bandeng, Teluk Bima.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:09
Last Modified: 26 Jul 2021 03:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22813

Actions (login required)

View Item View Item