PENGARUH PEMANFAATAN SERABUT KELAPA SEBAGAI SERAT TERHADAP KINERJA BETON BERPORI (POROUS CONCRETE)

REZA, AHMAD FAUZI (2021) PENGARUH PEMANFAATAN SERABUT KELAPA SEBAGAI SERAT TERHADAP KINERJA BETON BERPORI (POROUS CONCRETE). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Final Reza Ahmad Fauzi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkerasan beton berpori salah satu perkembangan teknologi beton sekarang ini, dilakukan usaha untuk meningkatkan kinerja beton menjadi lebih efektif dan efisien sebagai bahan perkerasan jalan. Namun beton berpori pada umumnya memiliki kekuatan yang relatif lebih rendah dari beton normal. Penggunaan bahan campuran serabut kelapadiharapkan dapat memberikan kelebihan dari masing-masing bahan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh serabut kelapasebagai serat terhadap kinerja beton berpori. Dalam penelitian ini dilakukan penambahan serabut kelapasebagai serat dengan variasi serabut kelapa0%, 0,2%, 0,4%, 0,6% dari volume beton berpori dan panjang serat yang digunakan 50 mm – 70 mm. Perbandingan antara berat semen dengan berat agregat pada penelitian ini yaitu 1 : 4, dengan faktor air semen yang digunakan yaitu sebesar 0,30 dan agregat kasar yang dipakai yaitu ukuran antara 10 - 20 mm. Hasil pengujian beton berpori pada penelitian ini secara keseluruhan beton masih memenuhi spesifikasi sebagai beton berpori sesuai yang disyaratkan dalam ACI 522R_10. Hasil menunjukkan peningkatan kekuatan dimana nilai kuat tekan maksimum diperoleh pada variasi proporsi serabut kelapa0,2% sebesar 25,01 MPa dan untuk nilai kuat lentur maksimum diperoleh pada variasi serabut kelapa0,4% sebesar 3,24 MPa. Sedangkan nilai void content dan permeabilitas mengalami penurunan. Nilai void content dan permeabilitas terendah masing-masing diperoleh pada variasi proporsi serabut kelapa0,2% dan proporsi serabut kelapa0,6% dengan nilai yaitu sebesar 32,39 % untuk void content dan 6,42 mm/s untuk permeabilitas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Beton berpori, serabut kelapa, kuat tekan, kuat lentur, void content, permeabilitas.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 07:55
Last Modified: 26 Jul 2021 07:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22825

Actions (login required)

View Item View Item