EVALUASI KESESUAIAN KELANDAIAN MELINTANG BERDASARKAN KECEPATAN DAN JARI-JARI TIKUNGAN PADA RUAS JALAN MATARAM-TANJUNG

ABIZAR, ALGIFARI (2021) EVALUASI KESESUAIAN KELANDAIAN MELINTANG BERDASARKAN KECEPATAN DAN JARI-JARI TIKUNGAN PADA RUAS JALAN MATARAM-TANJUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Ketidaksesuaian kemiringan melintang dengan radius jari-jari lengkung dan kecepatan kendaraan menyebabkan adanya gaya sentrifugal yang mendorong kendaraan keluar dari jalurnya sehingga memungkinkan terjadinya kecelakaan. Ruas jalan Mataram – Tanjung merupakan ruas jalan yang menghubungkan Kota Mataram dengan Kabupaten Lombok Utara. Ruas jalan ini juga merupakan jalur yang lebih singkat menuju Kabupaten Lombok Utara dibandingkan dengan ruas jalan Senggigi-Pemenang. Secara visual, beberapa tikungan pada ruas jalan ini memiliki jari-jari tikungan yang kecil sehingga membutuhkan kelandaian melintang yang sesuai supaya dapat mengimbangi gaya sentrifugal yang terjadi. Oleh karena itu, alinyemen horizontal pada ruas jalan ini perlu dievaluasi. Pada penelitian ini kelandaian melintang dihitung berdasarkan keadaan di lapangan, kecepatan di lapangan dan kecepatan rencana yang disyaratkan (Vr). Kelandaian melintang di lapangan didapat dari hasil pengukuran topografi menggunakan alat Total Station yang diolah menggunakan Microsoft Excel dan kemudian diploting kedalam Autocad 2016. Hasil kelandaian melintang di lapangan dibandingkan dengan hasil analisis kelandaian melintang berdasarkan kecepatan di lapangan dan kecepatan yang disyaratkan (Vr), sehingga dapat diketahui perbedaan atau ketidaksesuaiannya. Berdasarkan hasil analisis, besarnya kelandaian melintang tersedia tidak sesuai dengan kelandaian melintang desain berdasarkan kecepatan di lapangan maupun kelandaian melintang desain berdasarkan Vr. Selisih antara superelevasi eksisting dengan superelevasi desain dengan kecepatan rencana (Vr) yaitu -7,50%, -4,93%, 0,87%, 3,64%, -2,63% pada bagian dalam dan 7,76%, 5,20%, -2,00%, - 3,90%, 0,26% pada bagian luar. Sedangkan selisih antara superelevasi eksisting dengan superelevasi desain dengan kecepatan di lapangan yaitu -12,20%, -6,49%, 2,40%, 4,74%, -1,57% pada bagian dalam dan 12,46%, 6,76%, -3,54%, -5,01%, - 0,80%. pada bagian luar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kelandaian melintang (Superelevasi), kecepatan, jari-jari, tikungan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 07:55
Last Modified: 26 Jul 2021 07:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22827

Actions (login required)

View Item View Item