EVALUASI KESESUAIAN JARAK PANDANG HENTI MINIMUM YANG DISYARATKAN DENGAN JARAK PANDANG HENTI TERSEDIA PADA RUAS JALAN MATARAM-TANJUNG

DWI, DWI PUTRA ANDIKA DZULHIDAYATULLAH (2021) EVALUASI KESESUAIAN JARAK PANDANG HENTI MINIMUM YANG DISYARATKAN DENGAN JARAK PANDANG HENTI TERSEDIA PADA RUAS JALAN MATARAM-TANJUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Ruas jalan Mataram-Tanjung merupakan ruas jalan yang memiliki kesibukan lalu lintas yang cukup tinggi dan merupakan ruas jalan yang menghubungkan Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Utara. Secara visual terdapat beberapa tikungan yang memiliki jarak pandang henti yang minim pada ruas jalan Mataram-Tanjung. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis jarak pandang henti pada tikungan ruas jalan Mataram-Tanjung. Pada penelitian ini jarak pandang henti dihitung berdasarkan kecepatan di lapangan dan kecepatan rencana dengan menggunakan data primer yang terdiri dari waktu tempuh kendaraan, data kondisi tikungan, jarak pandang henti tersedia di lapangan, dan data sekunder yaitu klasifikasi ruas jalan Mataram-Tanjung. Defisiensi dihitung antara jarak pandang henti minimum baik berdasarkan kecepatan rencana maupun kecepatan di lapangan dengan jarak pandang henti tersedia. Berdasarkan hasil analisis, Terdapat 4 (empat) tikungan dengan jarak pandang henti tidak memenuhi syarat berdasarkan kecepatan di lapangan, yaitu tikungan 1, 2, 3 dan 4 dengan semua terletak pada segmen lengkung tikungan. Sedangkan berdasarkan kecepatan rencana kelima tikungan memiliki jarak pandang henti yang tidak terpenuhi dan semua terletak pada segmen lengkung dan sebagian pada segmen 25 meter sebelum tikungan. Persentase defisiensi tertinggi terletak pada tikungan 4 atau Tikungan Pusuk, yang terletak pada segmen lengkung tikungan baik dari arah Mataram maupun Tanjung. Faktor yang mempengaruhi nilai jarak pandang henti adalah kecepatan kendaraan dan kondisi medan pada tikungan. Solusi untuk memenuhi jarak pandang henti dengan cara memasang rambu batas kecepatan, menambah kebebasan samping, membersihkan area dalam tikungan dari objek penghalang dan memasang cermin tikungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: defisiensi, jarak pandang henti, tikungan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 07:55
Last Modified: 26 Jul 2021 07:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22829

Actions (login required)

View Item View Item