RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMETAAN LOKASI PENGOLAHAN SAMPAH DAUR ULANG DENGAN METODE PROTOTYPING BERBASIS MOBILE

Nuraqilla, Waidha Bintang Grendis (2021) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMETAAN LOKASI PENGOLAHAN SAMPAH DAUR ULANG DENGAN METODE PROTOTYPING BERBASIS MOBILE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA2 - Nuraqilla Waidha Bintang Grendis (F1D017067) Final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Indonesia khususnya provinsi Nusa Tenggara Barat pengelolaan sampah daur ulang menjadi sesuatu yang terbilang asing bagi masyarakat. Sampah sendiri merupakan barang yang dianggap sudah tidak terpakai dan dibuang oleh pemilik atau pemakai sebelumnya, tetapi bagi sebagian orang masih bisa dipakai jika dikelola dengan prosedur yang benar. Di masa digital saat ini berbagai aplikasi mobile dikembangkan guna membantu menyelesaikan masalah di segala aspek kehidupan, salah satunya pada kegiatan pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia khususnya di Nusa Tenggara Barat, untuk membantu masalah tersebut digunakan teknologi yang dapat menyediakan data yang cepat, akurat dan dapat dengan mudah diakses, dimana salah satu caranya adalah dengan menerapkan sebuah aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG). Untuk itu pada penelitian ini di bangun sebuah Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Lokasi Pengolahan Sampah Daur Ulang Dengan Metode Prototyping Berbasis Mobile dengan Menggunakan Metode Prototyping kedepannya dapat membantu perekonomian masyarakatnya dengan pengembangan UMKM, dan membantu mengurangi permasalahan sampah di Nusa Tenggara Barat. Di dalam perancangannya, sistem aplikasi ini akan menggunakan Bahasa pemrograman Kotlin dengan framework CodeIgniter yang membantu mengakses API untuk memanggil query di dalam database. Dari pengujian setelah melakukan pengembangan dan pembuatan sistem didapatkan hasil dari pengujian black box bahwa seluruh skenario yang dibuat telah sesuai dengan yang di inginkan, selanjutnya untuk pengujian dengan MOS (Most Opinion Score) didapatkan nilai untuk sangat setuju bernilai 48.3% dari sisi client, 70.83% dari sisi Mitra, dan 66,6% dari sisi Masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Sistem Informasi Geografis, Metode Prototyping, Sampah Daur Ulang, UMKM, Nusa Tenggara Barat.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 07:55
Last Modified: 26 Jul 2021 07:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22831

Actions (login required)

View Item View Item