TEMU KEMBALI CITRA MENGGUNAKAN METODE LOCAL BINARY PATTERN ROTATION INVARIANT (LBPROT) DAN COSINE DISTANCE SIMILARITY

Marlia, Zuhraini (2021) TEMU KEMBALI CITRA MENGGUNAKAN METODE LOCAL BINARY PATTERN ROTATION INVARIANT (LBPROT) DAN COSINE DISTANCE SIMILARITY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Teknologi pencarian citra saat ini berkembang kearah pencarian citra berdasarkan visual dari citra yang biasa dikenal dengan metode temu kembali citra. Temu kembali citra merupakan metode pencarian suatu citra dengan membandingkan citra query dengan citra yang ada di dalam database. Salah satu hal yang penting dalam temu kembali citra adalah proses ekstraksi fitur. Saat ini, metode ekstraksi fitur yang dibutuhkan adalah metode yang handal dalam mengenali citra yang dirotasi pada berbagai macam sudut atau invariant terhadap rotasi seperti metode Local Binary Pattern Rotation Invariant (LBPROT). Selain metode ekstraksi fitur, hal yang penting juga adalah metode pengukuran jarak. Metode pengukuran jarak yang digunakan adalah metode Cosine Distance Similarity. Penelitian ini menggunakan citra brodatz sebagai dataset dengan total data yang digunakan adalah 1000 data yang di resize menjadi ukuran 126x126 piksel. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penggabungan metode LBPROT dan cosine distance similarity ini menghasilkan nilai rata-rata precision dan recall tertinggi terdapat pada perbandingan 70%:30% dengan jumlah data latih sebanyak 14 citra setiap kelas memperoleh rata-rata precision dan recall sebesar 98,06% dan 96,78% untuk citra normal dan untuk citra yang dirotasi terdapat pada sudut 90o sebesar 97,08% dan recall 96,70%. Selain itu, pengujian pada citra rotasi menghasilkan rata-rata precision dan recall yang paling rendah dihasilkan dari sudut 45o sebesar 0% terdapat pada perbandingan 80%:20% dengan jumlah data latih per kelas adalah 16 citra.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Temu kembali citra, LBPROT, Cosine Distance Similarity, Brodatz, Precision dan Recall.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 07:55
Last Modified: 26 Jul 2021 07:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22835

Actions (login required)

View Item View Item