STUDI PERENCANAAN STRUKTUR PEMECAH GELOMBANG (BREAK WATER) SEBAGAI BANGUNAN PENGAMAN KOLAM PELABUHAN DAN ALTERNATIF PENGENDALIAN SEDIMENTASI DI PELABUHAN GILI TRAWANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA

MADE SULANDARI CAHYA SANTI, NI (2021) STUDI PERENCANAAN STRUKTUR PEMECAH GELOMBANG (BREAK WATER) SEBAGAI BANGUNAN PENGAMAN KOLAM PELABUHAN DAN ALTERNATIF PENGENDALIAN SEDIMENTASI DI PELABUHAN GILI TRAWANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
F1A112044_Skripsi_Breakwater.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 99/Kpts-II/2001 tanggal 15 Maret 2001 Taman Wisata Perairan (TWP) Gili Matra merupakan kawasan wisata sekaligus konservasi. Tingginya aktifitas transportasi laut di kawasan tersebut dapat menyebabkan abrasi, sedimentasi dan terganggunya biota laut di lokasi studi. Oleh karena itu, pemerintah daerah dan investor setempat berinisiatif membangun pelabuhan transit di sisi barat Gili Trawangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terjadi atau tidaknya sedimentasi, mendapatkan tata letak dan rencana konstruksi struktur pemecah gelombang di lokasi studi. Dengan cara mengolah data angin menjadi data bangkitan gelombang, mencari nilai fetch, menghitung volume angkutan sedimen dengan menggunakan CERC formula dan memperkirakan gelombang dengan Kala Ulang dengan menggunakan Metode Weibull sehingga dapat menentukan nilai tinggi gelombang (H) dan periode (T). Dari hasil analisa dan perhitungan menunjukkan bahwa fenomena sedimentasi dapat terjadi di lokasi studi karena posisi ujung dermaga berada pada area terjadinya gelombang pecah. Pergerakan sedimen dominan dari arah Selatan, Barat Laut dan Barat Daya dengan total angkutan hingga 40,34 m3/tahun dimana 28,73 m3/tahun dari sisi kanan dan 11,60 m3/tahun dari sisi kiri pelabuhan dengan angkutan rerata perhari adalah 0,15 m3/hari. Struktur pemecah gelombang yang direncanakan adalah struktur dengan panjang 187 - 250 m di sisi kiri dan kanan pelabuhan; jarak/sepasi 33,5 m membentuk sudut 45° tegak lurus pantai dengan lebar puncak 4 m; tinggi bangunan 8 m; tebal lapis lindung 2,5 m; menggunakan batu pecah berat 3 ton dan pelindung kaki berat 0,1 ton.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Abrasi, Sedimentasi, Breakwater.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 07:54
Last Modified: 26 Jul 2021 07:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22839

Actions (login required)

View Item View Item