ANALISIS KETERAMPILAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI KELAS TINGGI SDN 07 KOTA MATARAM

SILVIA, RIZKIKA EPRINA (2021) ANALISIS KETERAMPILAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI KELAS TINGGI SDN 07 KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Silvia Rizkika Eprina (E1E017128).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengintegrasian TIK oleh guru, faktor yang menyebabkan hambatan guru dalam mengintegrasikan TIK, dan persentase penguasaan keterampilan TIK guru pada indikator literasi teknologi dalam pembelajaran jarak jauh pada bidang studi matematika oleh guru kelas tinggi di SDN 07 Mataram. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah tiga orang guru kelas tinggi yaitu guru kelas IV, V, dan VI di SDN 07 Mataram. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengintegrasian TIK oleh guru yaitu a) guru mengaplikasikan TIK dalam membuat materi pembelajaran. b) guru menemukan dan menggunakan software untuk menjelaskan materi pembelajaran. c) guru memilih TIK (aplikasi) yang tepat untuk strategi penilaian, faktor yang menyebabkan hambatan guru yaitu a) kesibukan wali murid b) faktor usia guru c) pelatihan keterampilan TIK guru belum pernah diberikan, kemudian persentase penguasaan keterampilan TIK guru pada indikator literasi teknologi yaitu a) guru kelas IV 98,32%, b) guru kelas V 81,24%, dan guru kelas VI 81,24%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Guru, Keterampilan TIK, Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 07:54
Last Modified: 26 Jul 2021 07:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22841

Actions (login required)

View Item View Item