TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI FARMASI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM TENTANG BEYOND USE DATE OBAT

GITA, SENJA PERTIWI (2021) TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI FARMASI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM TENTANG BEYOND USE DATE OBAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Gita Senja Pertiwi (K1A017019) -.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Beyond Use Date (BUD) merupakan waktu yang membatasi digunakannya suatu produk obat setelah kemasan primernya dibuka, baik untuk diracik maupun disiapkan. Pemahaman mengenai BUD sangat penting karena BUD berkaitan dengan stabilitas dan mutu obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram tentang BUD obat. Penelitian ini bersifat observasional dengan desain penelitian cross-sectional yang dilakukan dengan metode survei deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2021 pada 160 mahasiswa Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram angkatan 2017-2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner online yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan menggunakan microsoft excel. Tingkat pengetahuan dibagi menjadi 3 kategori, yaitu baik, cukup, dan kurang. Tingkat pengetahuan berdasarkan aspek BUD secara umum adalah 60% baik, 20% cukup, dan 20% kurang. Pada aspek BUD sediaan semipadat 75% baik dan 25% kurang. Pada aspek BUD sediaan cair 50% baik; 33,3% cukup; dan 16,7% kurang. Pada aspek BUD sediaan padat 66,7% baik; 16,7% cukup, dan 16,6% kurang. Pada aspek BUD obat racikan 50% baik, 25% cukup, dan 25% kurang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan mahasiswa farmasi tentang beyond use date obat baik pada item stabilitas obat dan kurang pada item penentuan beyond use date obat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Tingkat pengetahuan, mahasiswa farmasi, beyond use date, kuesioner
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 07:54
Last Modified: 26 Jul 2021 07:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22842

Actions (login required)

View Item View Item