PENGARUH PESTISIDA NABATI LIMBAH BATANG TEMBAKAU VIRGINIA TERHADAP KERAGAMAN KUMBANG KOKSI SEBAGAI PREDATOR HAMA PADA TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.)

Lutfi, Maulana Aziz (2021) PENGARUH PESTISIDA NABATI LIMBAH BATANG TEMBAKAU VIRGINIA TERHADAP KERAGAMAN KUMBANG KOKSI SEBAGAI PREDATOR HAMA PADA TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1M017069-SKRIPSI LUTFI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pestisida nabati limbah batang tembakau virginia terhadap keragaman predator kumbang koksi pada tanaman kentang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental denga percobaan langsung dilapangan. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 6 perlakuan yaitu P0 (kontrol), P1 (abamektin), P2 (insektisida nabati limbah batang tembakau Virginia 2 ml/l), P3 (insektisida nabati limbah batang tembakau Virginia 4 ml/l), P4 (insektisida nabati limbah batang tembakau Virginia 6 ml/l), dan P5 (insektisida nabati limbah batang tembakau Virginia 8 ml/l). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat pada bulan Agustus 2020 sampai dengan bulan November 2020. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan pada konsentrasi P5 (Pestisida nabati limbah batang tembakau virginia 8 ml/l) menunjukkan penekan nilai indeks keragaman dan kelimpahan predator kumbang koksi yang paling berpengaruh dibandingkan dengan perlakuan beberapa konsentrasi pestisida nabati lainnya, sedangkan pengaplikasian pestisida nabati dengan berbagai konsentrasi tidak mampu menekan populasi predator kumbang koksi pada spesies Cheliomenes sexmaculata dan Coccinella transveralis serta mampu menekan populasi Coleophora inaqualis. Spesies Cheilomenes sexmaculata mimiliki populasi tertinggi dibandingkan dengan 2 spesies yang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Tanaman Kentang, Pestisida Nabati Limbah Batang Tembakau Virginia, Keragaman kumbang koksi,
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:32
Last Modified: 27 Jul 2021 02:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22851

Actions (login required)

View Item View Item