PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG RUMPUT LAUT Eucheuma spinosum PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN MAS (Cyprinus carpio)

Irmadiati, Irmadiati (2021) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG RUMPUT LAUT Eucheuma spinosum PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN MAS (Cyprinus carpio). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IRMADIATI C1K016046.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikan mas merupakan ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Salah satu kendala dalam kegiatan budidaya adalah ketersediaan pakan dan harga bahan baku pakan yang relatif mahal. Rumput laut dapat dimanfaatkan sebagai pengganti karbohidrat terutama bahan baku karbohidrat seperti tepung pollard. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh penambahan tepung rumput laut Eucheuma spinosum pada pakan terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan mas. Penelitian dilaksanakan selama 40 hari di Laboratorium Basah Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram. Metode yang digunakan adalah eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang meliputi 4 taraf perlakuan dan 3 ulangan sehingga diperoleh total 12 unit percobaan. Perlakuan yang diujicobakan adalah penambahan tepung rumput laut E. spinosum berbeda dalam pakan, terdiri atas: P1 : Kontrol (Tanpa penambahan tepung E. spinosum), P2 : tepung E. spinosum 4%, P3 : tepung E. spinosum 8%, P4 : tepung E. spinosum 12%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan tepung E. spinosum pada pakan memberikan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan mutlak, laju pertumbuhan spesifik dan efisiensi pemanfaatan pakan ikan mas, tetapi tidak mempengaruhi nilai rasio konversi pakan (FCR) dan tingkat kelangsungan hidup (SR). Penambahan tepung E. spinosum sampai dengan dosis 4% dapat memberikan peningkatan pertumbuhan berat mutlak 4,79 g, panjang mutlak 2.38 cm, laju pertumbuhan spesifik (SGR) 2.62%, efisiensi pemanfaatan pakan 66.54% dan rasio konversi pakan (FCR) 1.47.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Ikan Mas, Eucheuma Spinosum, Pakan Ikan, Pertumbuhan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:33
Last Modified: 27 Jul 2021 02:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22854

Actions (login required)

View Item View Item