PARADOKS KERJA SAMA CHINA-PAKISTAN DALAM CHINA- PAKISTAN ECONOMIC CORRIDOR (CPEC) DENGAN SEMAKIN MELEMAHNYA PEREKONOMIAN PAKISTAN

ERLIANA, LESTARI (2021) PARADOKS KERJA SAMA CHINA-PAKISTAN DALAM CHINA- PAKISTAN ECONOMIC CORRIDOR (CPEC) DENGAN SEMAKIN MELEMAHNYA PEREKONOMIAN PAKISTAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ERLIANA LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengeksplorasi penyebab melemahnya perekonomian Pakistan setelah melakukan kerja sama dengan China dalam China- pakistan economic corridor (CPEC). Pakistan dengan china di tahun 2015 menyepakati kerja sama CPEC yang bertujuan untuk meningkatkan dan membantu perekonomian Pakistan serta untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan domestik Pakistan yang dianggap menjadi faktor yang menghambat pertumbuhan ekonomi Pakistan. Kerja sama ini meliputi empat pembangunan besar yakni proyek energy, pelabuhan gwadar, transportasi, dan kawasan ekonomi khusus (KEK). Namun setelah proyek ini dikerjakan dengan massif justru perekonomian Pakistan semakin melemah. Dengan menggunakan teori dependensi melemahnya perekonomian Paksitan ini disebabakan oleh ketergantungan yang dimiliki oleh Pakistan terhadap china. Secara spesifik penyebab melemahnya perekonomian Pakistan adalah karena terjadi hubungan yang tidak setara antara Pakistan dengan china, china mengeksploitasi Pakistan, dan surplus ekonomi lebih banyak untuk china.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: China, CPEC, dependensi, ekonomi, Pakistan, paradoks, Pelabuhan Gwadar,
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:33
Last Modified: 27 Jul 2021 02:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22862

Actions (login required)

View Item View Item