STRATEGI PENINGKATAN MODAL SOSIAL MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN KAWASAN HUTAN di DESA PAKUAN LOMBOK BARAT (Studi Kasus Kelompok Tani Hutan Pakuan Abadi)

IWAN, ERLANGGA (2021) STRATEGI PENINGKATAN MODAL SOSIAL MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN KAWASAN HUTAN di DESA PAKUAN LOMBOK BARAT (Studi Kasus Kelompok Tani Hutan Pakuan Abadi). S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perhutanan Sosial adalah sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan dalam kawasan hutan negara atau hutan hak/hutan adat yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat atau masyarakat hukum adat sebagai pelaku utama untuk meningkatkan kesejahteraan, keseimbangan lingkungan dan dinamika sosial budaya. Kelembagaan adalah aturan di dalam suatu kelompok masyarakat atau organisasi yang memfasilitasi koordinasi antar anggotanya untuk membantu mereka dengan harapan setiap orang atau organisasi mencapai tujuan bersama yang diinginkan. Kelompok Pakuan Abadi merupakan salah satu Kelompok Tani Hutan yang mengelola kawasan hutan di Desa Pakuan yang terdiri dari 600 anggota kelompok dengan luas kawasan yang dikelola sebesar 412 Ha. Kelompok Pakuan Abadi ini belum menjalin kemitraan secara langsung dengan pihak Kesatuan Pengelolaan Hutan tetapi kelompok Pakuan Abadi ini berada dibawah naungan Kelompok Masyarakat Pelestari Hutan yang sudah memiliki kemitraan serta izin dari Kesatuan Pengelolaan Hutan. Tujuan dari peneitian ini untuk mengetahui kondisi modal sosial Kelompok Tani Hutan Pakuan Abadi dalam pengelolaan hutan menggunakan instrumen penilaian modal sosial dan merumuskan strategi peningkatan modal sosial Kelompok Tani Hutan Pakuan Abadi di Desa Pakuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode penentuan lokasi dalam penelitian ini menggunakan Porposive sampling. Penentuan sampel dalam penelitian ini diambil secara simple random sampling. Hasil dari penelitian ini untuk indikator modal sosial yang terdiri dari kepercayaan, norma sosial, dan jaringan masing masing termasuk dalam kategori tinggi dan kondisi strategi Kelompok Tani Hutan Pakuan Abadi berada pada posisi kuadran I yang mana posisi ini menandakan sebuah organisasi yang kuat dan berpeluang

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci; Kelompok Tani Hutan, Pakuan Abadi, Modal Sosial
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:34
Last Modified: 27 Jul 2021 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22877

Actions (login required)

View Item View Item