APLIKASI PENDETEKSI KELAYAKAN PENUKARAN UANG KERTAS RUPIAH MENGGUNAKAN FITUR HSV, FITUR GLCM, DAN CANNY EDGE DETECTION MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) UNTUK PERANGKAT ANDROID

Nabila, Puspita (2021) APLIKASI PENDETEKSI KELAYAKAN PENUKARAN UANG KERTAS RUPIAH MENGGUNAKAN FITUR HSV, FITUR GLCM, DAN CANNY EDGE DETECTION MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) UNTUK PERANGKAT ANDROID. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN_F1D016062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam rangka menjaga kualitas uang Rupiah yang beredar di masyarakat, Bank Indonesia menerapkan kebijakan untuk mengganti atau menukarkan uang Rupiah tidak layak edar dengan Rupiah layak edar, tetapi kegiatan tukar menukar uang Rupiah ini sering mengalami penyalahgunaan berupa uang Rupiah yang rusak tidak ditukar sesuai dengan nilai nominal uang yang ada, sehingga dibutuhkan perangkat yang tidak hanya dapat mendeteksi nilai nominal serta keaslian uang tetapi juga mendeteksi kelayakan uang dapat ditukar atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu prototype perangkat lunak yang dapat mendeteksi kelayakan penukaran uang kertas Rupiah melalui proses pengolahan citra dengan menggunakan klasifikasi Support Vector Machine (SVM). Pencitraan uang kertas berasal dari scanner handphone. Penelitian ini dilakukan dengan tiga jenis ekstraksi ciri diantaranya GLCM (Gray Level Co-Occurrence Matrix) menggunakan empat arah sudut (0, 45, 90, 135) dengan jarak piksel d=1, HSV (Hue, Saturation, Value) menggunakan lima jenis fitur, dan Canny Edge Detection menggunakan deteksi tepi (50,50). Hasil penelitian yang telah dilakukan menghasilkan performa yang baik dalam mendeteksi kelayakan penukaran uang kertas rupiah dengan menggunakan sebanyak 420 citra uang didapatkan nilai akurasi sebesar 71%, presisi sebesar 82%, dan recall sebesar 85%. GLCM, HSV.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keywords : Uang kertas Rupiah, Support Vector Machine, Canny Edge Detection,
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:00
Last Modified: 27 Jul 2021 06:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22882

Actions (login required)

View Item View Item