PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN GUGUS III KECAMATAN PUJUT TAHUN AJARAN 2020/2021

APRIYANA, APRIYANA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN GUGUS III KECAMATAN PUJUT TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI APRIYANA (E1E016008).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (quasi eksperimen) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap keterampilan berbicara sisiwa kelas V SDN Gugus III kecamatan pujut tahun ajaran 2020/2021.desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent contol grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN gugus III kecamatan Pujut.teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling,sampelnya adalah kelas V SDN 1 Kawo sebagai kelas eksperimen. Dan kelas V SDN Pejeruk sebagai kelas Kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes. Data hasil belajar siswa berupa pretest dan posttest .Uji normalitas dilakukan dengan perhitungan data berupa hasil pretest dan postest kemudian setelah data berdistribusi normal dilakukan uji homogenitas yang diperoleh dari hasil perhitungan data postest, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan Uji t (t-test) diperoleh t-hitung sebesar 2,226 sedangkan t-tabel sebesar 2.021 pada taraf kepercayaan 5%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak .hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think pair Share terhadap keterampilan berbicara siswa

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Think Pair Share, Keterampilan berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:01
Last Modified: 27 Jul 2021 06:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22883

Actions (login required)

View Item View Item