MAKNA ALAT RITUAL NUTU MULUD (MENUMBUK PADI MAULID) DALAM PERINGATAN MAULID ADAT DESA ANYAR KECAMATAN BAYAN: KAJIAN SEMIOTIK PERSPEKTIF ROLAND BARTHES

ATRIADI, ATRIADI (2021) MAKNA ALAT RITUAL NUTU MULUD (MENUMBUK PADI MAULID) DALAM PERINGATAN MAULID ADAT DESA ANYAR KECAMATAN BAYAN: KAJIAN SEMIOTIK PERSPEKTIF ROLAND BARTHES. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ATRIADI E1C114006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengetahuan masyarakat mengenai makna simbol yang terdapat pada alat ritual nutu mulud sangatlah kurang. Penelitian ini mendeskripsikan permasalahan bagaimanakah makna alat ritual nutu mulud masyarakat yang ada di Desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara dalam kajian semiotik persepektif Roland Barthes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan makna alat yang digunakan dalam ritual nutu mulud yang dilakukan oleh masyarakat adat Desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, dengan mengungkap makna denotasi, konotasi dan mitos. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif dengan analsisis semiotika Roland Barthes dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam alat utama yang digunakan dalam ritual nutu mulud yaitu tempan (bambu), rantok (lesung panjang berbentuk seperti perahu), lesong (lesung), sulung (tampah), keroq (tempat padi atau dedak), tiker pandan (tikar pandan). Dari makna denotasi, konotasi dan mitos yang digambarkan bahwa alat dalam ritual nutu mulud memiliki makna yaitu terkandung niat jiwa manusia yang bersatu dalam menjalakan perintah Allah SWT, untuk mendapatkan perlindungan dari perbuatan yang buruk, sehingga berkah hidupnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Simbol, Ritual Nutu Mulud, Makna, Mitos, Semiotika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:01
Last Modified: 27 Jul 2021 06:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22887

Actions (login required)

View Item View Item