UJI AKTIVITAS PENYEMBUHAN LUKA SAYAT EKSTRAK ETANOL RUMPUT LAUT COKLAT (Sargassum crassifolium) PADA MENCIT PUTIH (Mus Musculus)

APRILIANA, WAHYUNI (2021) UJI AKTIVITAS PENYEMBUHAN LUKA SAYAT EKSTRAK ETANOL RUMPUT LAUT COKLAT (Sargassum crassifolium) PADA MENCIT PUTIH (Mus Musculus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI APRILIANA WAHYUNI (K1A017005) new(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan jumlah kasus luka sayat yang cukup tinggi sekitar 20,1% pada tahun 2018. Luka sayat perlu penanganan khusus agar tidak menyebabkan komplikasi yang serius seperti infeksi luka. Sargassum crassifolium merupakan tanaman laut yang mengandung berbagai metabolit sekunder yang berpotensi sebagai agen antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan. Namun, informasi tentang potensi Sargassum crassifolium sebagai agen penyembuhan luka sayat masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas ekstrak etanol Sargassum crassifolium. Pada penelitian ini, Sargassum crassifolium dimaserasi dengan etanol 70% dan ekstrak kental Sargassum crassifolium (0,01% dan 0,1% ) diuji aktivitas penyembuhan luka pada mencit putih (Mus musculus). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ekstrak etanol Sargassum crassifolium mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, triterpenoid, dan tanin. Ekstrak etanol Sargassum crassifolium juga menunjukkan aktivitas terhadap penyembuhan luka sayat pada mencit dengan rerata ukuran panjang luka sayat di hari ke-14 untuk konsentrasi 0,01% yaitu sepanjang 1,0 cm dan konsentrasi 0,1% sepanjang 0,9 cm. Hasil data aktivitas penyambuhan luka sayat pada mencit dengan konsentrasi 0,01% dan 0,1% tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan, berdasarkan uji Mann- Whitney diperoleh nilai p>0,05 (p = 0,565) sehingga konsentrasi optimum yang efektif terhadap penyembuhan luka sayat yaitu konsentrasi 0,01% .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Sargassum crassifolium, luka sayat, penyembuhan luka.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:24
Last Modified: 28 Jul 2021 03:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22910

Actions (login required)

View Item View Item