ANALISIS KANDUNGAN HIDROKUINON DALAM KRIM PEMUTIH YANG BEREDAR DI BEBERAPA PASAR DI KOTA MATARAM DENGAN SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS

SYARAH, MEGIANTI FAHIRA (2021) ANALISIS KANDUNGAN HIDROKUINON DALAM KRIM PEMUTIH YANG BEREDAR DI BEBERAPA PASAR DI KOTA MATARAM DENGAN SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH TA II -SYARAH MEGIANTI FAHIRA (K1A017049)(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hidrokuinon merupakan senyawa turunan benzene yang dapat menghambat produksi melanin sehingga mengurangi pigmentasi pada kulit dan mengatasi hiperpigmentasi dan digunakan sebagai pewarna kuku dan rambut. Penggunaan senyawa hidrokuinon pada kulit dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi, vitiligo, okrosis endogen, kulit menghitam secara permanen bahkan kanker kulit sehingga penggunaan hidrokuinon dalam jangka waktu yang panjang dapat membahayakan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menentukan kadar hidrokuinon dalam krim pemutih yang beredar di beberapa pasar Kota Mataram menggunakan spektrofotometri UV-Vis. Penelitian ini dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan uji pendahuluan terhadap sampel krim pemutih. Verifikasi metode analisis yang dilakukan yaitu uji presisi, akurasi, linearitas, LOD dan LOQ. Uji kuantitatif dilakukan dengan preparasi sampel krim pemutih, selanjutnya pengujian kadar hidrokuinon dalam sampel krim pemutih dilakukan dengan Spektrofotometer UV-Vis. Sampel diambil pada beberapa pasar di Kota Mataram. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan persamaan regresi linier dengan nilai y = 0,031x + 0,059 dengan nilai r = 0,998. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu 8 dari 10 sampel yang diuji mengandung hidrokuinon dengan kadar yaitu sampel B 3,438%, sampel C 3,130%, sampel D 3,594%, sampel E 4,156%, sampel F 4,096%, sampel H 4,292%, sampel I 4,086%, sampel J 4,184%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat kandungan hidrokuinon pada 8 dari 10 sampel krim pemutih yang diuji dengan kadar 3,1-4,2%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Hidrokuinon, Krim Pemutih, Spektrofotometri UV-Vis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:24
Last Modified: 28 Jul 2021 03:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22911

Actions (login required)

View Item View Item