UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK KLOROFORM- METANOL RUMPUT LAUT COKELAT (Sargassum crassifolium) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus epidermidis ATCC 12228

IDA, AYU MADE WIDI RAHAYU BRAHMANI PUTRI (2021) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK KLOROFORM- METANOL RUMPUT LAUT COKELAT (Sargassum crassifolium) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus epidermidis ATCC 12228. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
IDA AYU MADE WIDI_TA2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rumput laut cokelat merupakan salah satu tanaman laut yang memiliki kandungan senyawa lipid yang berpotensi sebagai agen antibakteri terhadap bakteri penyebab infeksi, seperti Staphylococcus epidermidis. Senyawa lipid dari rumput laut cokelat mampu bekerja sebagai penghambat dalam rantai transport elektron dan fosforilasi oksidasi normal di dalam membran sel bakteri yang dapat mengganggu proses transfer energi ATP. Ketersedian yang tinggi di ekosistem laut Indonesia, Sargassum crassifolium dapat menjadi alternatif untuk sumber agen antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri lipid yang terkandung dalam ekstrak kloroform-metanol (2:1) Sargassum crassifolium terhadap Staphylococcus epidermidis. Kandungan lipid yang diekstraksi dalam ekstrak dianalisis aktivitas antibakterinya dengan menggunakan metode uji difusi sumuran. Zona hambat yang dihasilkan ekstrak lipid rumput laut cokelat Sargassum crassifolium berbanding lurus dengan peningkatan konsentrasi ekstrak. Konsentrasi ekstrak 100% menghasilkan zona hambat tertinggi terhadap Staphylococcus epidermidis yaitu 11.49 mm. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh konsentrasi ekstrak Sargassum crassifolium yang signifikan dibandingkan dengan kontrol negatif, yang menunjukkan bahwa Sargassum crassifolium berpotensi sebagai antibakteri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Sargassum crassifolium, ekstraksi lipid, Staphylococcus epidermidis, antibakteri, infeksi kulit.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:25
Last Modified: 28 Jul 2021 03:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22922

Actions (login required)

View Item View Item