ANALISIS PENGGUNAAN DIKSI DAN GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU GRUP MUSIK WALI ALBUM AKU BUKAN BANG TOYIB KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMP

IRYA, WIRANATA (2021) ANALISIS PENGGUNAAN DIKSI DAN GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU GRUP MUSIK WALI ALBUM AKU BUKAN BANG TOYIB KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan wujud diksi dalam lirik lagu Wali pada album Aku Bukan Bang Toyib, (2) mendeskripsikan wujud gaya bahasa dalam lirik laguWali pada album Aku Bukan Bang Toyib, dan (3) mendeskripsikan manfaat diksi dan gaya bahasa dalam lirik laguWali pada album Aku Bukan Bang Toyib sebagai bahan pembelajaran sastra di SMP. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, yaitu teknik catat,. sementara itu, metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif. Metode yang digunakan dalam menyajikan data dengan kata-kata atau kalimat. Hasil penelitian ini yaitu (1) album aku bukan bang toyib ditemukan 16 diksi pada lirik- lirik lagu Wali, (2) lirik lagu sejuta terdapat gaya bahasa asonansi, anapora, mesodflase dan tautotes,antanakalsis pada lagu yang berjudul nenekku pahlawanku terdapat gaya bahasa anapora,efistropa asonansi. pada lagu masih adakah terdapat gaya bahssa repetisi, litotes. pada lagu salam rindu terdapat gaya bahasa hiperbola, personofikasi anapora. pada lagu aku bukan bang toyib terdapat gaya bahasa anapora, hiperbola repetisi, dan (3) lirik lagu wali bisa dijadikan bahan pembelajaran `sastra, dalam hal ini lirik lagu wali dapat dijadikan pengantar pembelajaran yang diputarkan secara langsung atau tidak, selanjutnya ditunjukkan diksi dan gaya bahasa yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : diksi, gaya bahasa, aku bukan bang toyib, dan pembelajaran sastra di smp
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:25
Last Modified: 28 Jul 2021 03:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22923

Actions (login required)

View Item View Item