PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN DAN REPRESENTASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BATULAYAR TAHUN AJARAN 2019/2020

AFRILIANI, RISMAYANTI (2021) PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN DAN REPRESENTASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BATULAYAR TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AFRILIANI RISMAYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran dan representasi matematis terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Batulayar. Penelitian ini menggunaan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Batulayar. Dalam menentukan sampel digunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Batulayar berjumlah 22 siswa. Data dari hasil penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan penalaran matematis dan tes kemampuan representasi matematis serta melalui tes hasil belajar matematika yang terlebih dahulu diujicobakan terhadap 24 orang anggota populasi yang bukan sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda. Dari hasil analisis data yang diperoleh, terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan penalaran dan kemampuan representasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batulayar Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai hitung = 78,812 > (2,19)= 3,52. Adanya pengaruh dituliskan dalam bentuk persamaan regresi, yaitu

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan penalaran matematis, kemampuan representasi matematis, hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2021 04:03
Last Modified: 31 Jul 2021 04:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22930

Actions (login required)

View Item View Item