PERNIKAHAN DINI REMAJA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI DI DUSUN MONTONG NANGKA DESA KEREMBONG KECAMATAN JANAPRIA KABUPATEN LOMBOK TENGAH)

NAZAR, AMRULLAH (2021) PERNIKAHAN DINI REMAJA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI DI DUSUN MONTONG NANGKA DESA KEREMBONG KECAMATAN JANAPRIA KABUPATEN LOMBOK TENGAH). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Nazar Amrullah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab dan motif remaja menikah dini pada masa pandemi Covid-19 di Dusun Montong Nangka Desa Kerembong Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa faktor penyebab menikah dini yakni: (a) pendidikan; (b) tradisi masyarakat; dan (c) lingkungan keluarga (orang tua). Sedangkan motif yang paling dominan dalam penelitian ini yakni motif sosiogenetis, karena remaja-remaja bosan belajar online dan tidak memiliki kegiatan apapun dirumah. Hal ini disebabkan oleh masa pandemi Covid-19 sehingga mereka memutuskan untuk menikah di usia dini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pernikahan Dini, Pandemi Covid-19, Remaja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2021 04:03
Last Modified: 31 Jul 2021 04:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22931

Actions (login required)

View Item View Item