PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG CARA GURU MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 16 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

Wulandari, Wulandari (2021) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG CARA GURU MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 16 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WULANDARI E1R115076.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 16 Mataram tahun ajaran 2019/2020; (2) ) mengetahui bagaimana pengaruh persepsi siswa tentang cara guru mengajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 16 Mataram tahun ajaran 2019/2020; (3) mengetahui bagaimana pengaruh motivasi berprestai dan persepsi siswa tentang cara guru mengajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 16 Mataram tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas VIII sebanyak 110 siswa yang terdiri dari kelas A, B, C dan D. Sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dimana seluruh populasi menjadi sampel pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) dan tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis uji prasyarat dan teknik analisis inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh menujukkan: (a) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 16 Mataram tahun ajaran 2019/2020 dengan kontribusi sebesar 10,1%; (b) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang cara guru mengajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 16 Mataram tahun ajaran 2019/2020 dengan kontribusi sebesar 17,8%; (c) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang cara guru mengajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 16 Mataram tahun ajaran 2019/2020 kontribusi sebesar 20,1%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: motivasi berprestasi, cara guru mengajar, hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2021 04:04
Last Modified: 31 Jul 2021 04:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22938

Actions (login required)

View Item View Item