KERAGAMAN ARTHROPODA PERMUKAAN TANAH PADA EKOSISTEM TANAMAN CABAI (Capsicum sp.) FASE GENERATIF DENGAN SISTEM PHT DI DESA JAGARAGA

Himmatul, Laily (2021) KERAGAMAN ARTHROPODA PERMUKAAN TANAH PADA EKOSISTEM TANAMAN CABAI (Capsicum sp.) FASE GENERATIF DENGAN SISTEM PHT DI DESA JAGARAGA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Himmatul Laily- C1M016061- SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman jenis arthropoda permukaan tanah pada ekosistem lahan tanaman cabai pada fase generatif dengan sistem PHT di Jagaraga. Penelitian ini dilakukan di Desa Jagaraga Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat dari bulan September – Oktober 2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei secara langsung dan pengkoleksian spesimen. Hasil penelitian ditemukan 10 Ordo, 24 Famili, 42 Spesies dan 612 ekor arthropoda pemukaan tanah pada petak PHT dan 8 Ordo, 13 Famili, 21 Spesies dan 619 ekor arthropoda permukaan pada petak non PHT. Ordo yang ditemukan pada petak PHT antara lain adalah Coleoptera, Diplopoda, Hymenoptera, Diptera, Araneae, Orthoptera, Collembola, Dermaptera, Hemiptera dan Spirirobilida sedangkan pada petak non PHT tidak ditemukan Ordo hemiptera dan Spirirobilida. Indeks keragaman arthropoda permukaan tanah pada petak PHT sebesar (H’) 2,887 dan petak non PHT (H’) 2,559. Kedua petakan dikategorikan memiliki keragaman yang sedang. Pada petak PHT artropoda yang ditemukan melimpah adalah Paratrechina longicornis sebanyak 119 ekor dengan nilai indeks kelimpahan sebesar 19,44% sedangkan pada petak non PHT arthropoda yang melimpah adalah Acrocyrtus sp. sebanyak 93 ekor dengan nilai indeks kelimpahan sebesar 15,02%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Keragaman, Kelimpahan dan Arthropoda Permukaan Tanah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2021 04:04
Last Modified: 31 Jul 2021 04:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22950

Actions (login required)

View Item View Item