PERTANGGUNGJAWABAN RUMAH SAKIT TERHADAP WANPRESTASI YANG DILAKUKAN TENAGA MEDIS DALAM PERJANJIAN TERAPEUTIK (STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI KOTA MOBAGU NOMOR 01/PDT.G/2019/PN.KTG)

SONIA, WULAN SARI SUKANTO (2021) PERTANGGUNGJAWABAN RUMAH SAKIT TERHADAP WANPRESTASI YANG DILAKUKAN TENAGA MEDIS DALAM PERJANJIAN TERAPEUTIK (STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI KOTA MOBAGU NOMOR 01/PDT.G/2019/PN.KTG). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SONIA WULAN SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertanggungjawaban rumah sakit atas terjadinya wanprestasi tenaga medis berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Kota Mobagu putusan nomor 01/Pdt.G/2019/PN.Ktg dan akibat hukum pasca putusan Pengadilan Negeri Kota Mobagu putusan nomor 01/Pdt.G/2019/PN.Ktg. Jenis penelitian ini adalah hukum normatif. Menggunakan pendeketan perundang-undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan analisis. Berdasarkan Pertanggungjawaban rumah sakit terhadap wanprestasi yang dilakukan tenaga medis dalam perjanjian terapeutik berdasarkan putusan nomor 01/Pdt.G/2019/PN.Ktg ialah tidak memberikan pertanggungjawaban sehingga bertentangan dengan norma maupun teori pertanggungjawaban dan putusan hakim juga tidak memberikan sanksi kepada Rumah Sakit Monompia sehingga putusannya tersebut tidak benar dan tidak sesuai dengan Pasal 1367 KUHPerdata. Adapun akibat hukum pasca putusan Pengadilan Negeri Kota Mobagu nomor 01/Pdt.G/2019/PN.Ktg bahwa perjanjian terapeutik antara rumah sakit dengan orangtua pasien dinyatakan batal demi hukum yang artinya perjanjian itu dianggap tidak ada.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pertanggungjawaban, Dokter dan pasien, Transaksi Terapeutik
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2021 04:04
Last Modified: 31 Jul 2021 04:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22951

Actions (login required)

View Item View Item