IMPLEMENTASI TATA RUANG KAWASAN PEMUKIMAN BERDASARKAN PERDA NOMOR 5 TAHUN 2019 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) DI KOTA MATARAM

SUHARNI, SUHARNI (2021) IMPLEMENTASI TATA RUANG KAWASAN PEMUKIMAN BERDASARKAN PERDA NOMOR 5 TAHUN 2019 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUHARNI_D1A 114 280.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan memahami bentuk pengaturan sebagaimana mestinya ruang kawasan pemukiman dan implementasi pemanfaatan ruang pemukiman di Kota Mataram belum sesuai dengan ketentuan yang telah diatur di dalam Perda Nomor 5 Tahun 2019 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di Kota Mataram. Jenis penelitian hukum yang digunakan adalah penelitian hukum normatif empiris yang meletakkan hukum sebagai sebuah bangunan sistem normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaturan ruang kawasan pemukiman dalam Perda Nomor 5 Tahun 2019 merupakan pengaturan lebih lanjut dari ketentuan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2007 tentang Tata Ruang yang dijabarkan lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah mengsyaratkan dari Perda tersebut kepada Pemerintah Daerah menindak lanjuti dengan Perwal selain Perda dan aturan teknisnya. Implementasi pemanfaatan ruang kawasan pemukiman di Kota Mataram dari aspek penegakan hukum belum sesuai dengan ketentuan sebagaimana yang telah diatur dalam Perda Nomor 5 Tahun 2019 terutama yang berkenaan dengan izin pemanfaatan kawasan pemukiman yang tidak mematuhi kewajiban tersedianya ruang terbuka hijauh (RTH) sehingga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Tata Ruang, Kawasan, Pemukiman.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2021 04:04
Last Modified: 31 Jul 2021 04:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22952

Actions (login required)

View Item View Item