TINGKAT PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH AGROINDUSTRI BERBASIS KELOR DI SWETA KOTA MATARAM (Studi Kasus CV. Tri Utami Jaya)

MUTMAINAH, MUTMAINAH (2021) TINGKAT PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH AGROINDUSTRI BERBASIS KELOR DI SWETA KOTA MATARAM (Studi Kasus CV. Tri Utami Jaya). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUTMAINAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)

Abstract

Tingkat Penyerapan Tenaga Kerja dan Pemberdayaan Masyarakat oleh Agroindustri Berbasis Kelor di Sweta Kota Mataram ( Studi Kasus CV. Tri Utami Jaya) telah dilakukan Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Bagaimana penyerapan tenaga kerja pada CV. Tri Utami Jaya, (2) Bagaimana identifikasi kegiatan tenaga kerja pada CV. Tri Utami Jaya (3) Bagaimana pola pemberdayaan masyarakat yang dilakukan CV. Tri Utami Jaya (4) Apa saja kendala yang dihadapi CV. Tri Utami Jaya dalam penyerapan tenaga kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan unit analisis dalam penelitian ini adalah CV. Tri Utami Jaya di Sweta Kota Mataram. Penentuan responden untuk tingkat penyerapan tenaga kerja dan pemberdayaan masyarakat oleh agroindustri berbasis kelor di sweta kota Mataram ini di tentukan secara purposive sampling, sebanyak 11 orang yaitu pemilik CV. Tri Utami jaya dan tenaga kerja. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Agroindustri CV. Tri Utami Jaya telah merekrut tenaga kerja sebanyak sebelas orang yang terdiri dari enam tenaga kerja dalam keluarga dan lima tenaga kerja diluar keluarga. (2) Tahapan proses produksi terdiri dari sepuluh kegiatan antara lain, pengawas kegiatan, penanggung jawab, pengadaan bahan baku, pengeringan bahan baku, penggilingan, pengovenan, pengemasan, pelabelan, persortiran, dan pemasaran. Dengan total penyerapan hari kerja orang sebanyak 62,69. Penyerapan tenaga kerja paling tinggi pada proses pengemasan dengan jumlah tenaga kerja sebanyak empat orang dengan total hari kerja sebanyak 17,12 dan yang terendah ada pada proses pencampuran dengan total hari kerja orang sebanyak 0,86 dengan jumlah tenaga kerja hanya satu orang. (3) CV. Tri Utami Jaya mampu memberdayakan masyarakat melalui lapangan pekerjaan yaitu petani yang ada di Kilo Dompu dan Loang Baloq Mataram sebagai pemasok bahan baku dan meningkatnya pendapatan tenaga kerja yang diberikan. Pendapatan yang diterima responden sebelum bekerja di CV. Tri Utami Jaya bervariasi antara Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 1.500.000. Dengan rata-rata sebesar Rp. 427.273/bulan. Dan sesuadah bekerja di CV. Tri Utami Jaya pendapatan responden sebesar Rp. 650.000 sampai dengan Rp. 3.000.000 dengan rata-rata pendapatan sebesar Rp. 1.200.000/bulan. CV. Tri Utami Jaya telah berperan dalam meningkatkan pendapatan tenaga kerja, meskipun tidak semua responden berpendapatan sesuai UMP. (4) Kendala yang dihadapi adalah masalah tenaga kerja, sumber daya manusia para tenaga kerja masih kurang dalam hal kedisiplinan seperti tepat waktu dalam bekerja, kebersihan dan kerapian dalam pengolahan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Penyerapan tenaga kerja, Pemberdayaan, Produk kelor.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2021 04:04
Last Modified: 31 Jul 2021 04:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22954

Actions (login required)

View Item View Item