PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN INSTRUMEN BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIK

MALAHAYATI, RAHAYU SULASTRI (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN INSTRUMEN BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MALAHAYATI RAHAYU SULASTRI.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI MALAHAYATI RAHAYU SULASTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran dan instrumen berbasis model learning cycle 5E pada materi getaran harmonik. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan desain penelitian model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), penerapan (implement) dan evaluasi (evaluate). Tahap penelitian ini dibatasi sampai dengan tahap pengembangan (development). Produk yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan instrumen kemampuan berpikir kritis fisika. Validitas perangkat pembelajaran dan instrumen yang dikembangkan dilihat dari hasil validasi tiga orang ahli yang dihitung dengan validitas dan reliabilitas perangkat. Hasil penelitian berdasarkan penilaian validator ahli menunjukkan bahwa silabus memiliki nilai rata-rata sebesar 3,70 dengan kriteria sangat valid, RPP dengan nilai rata-rata 3,66 menunjukkan kriteria sangat valid, LKPD dengan nilai rata-rata 3,66 meunjukkan kriteria sangat valid dan instrumen kemampuan berpikir kritis fisika dengan nilai rata-rata 3,63 termasuk dalam kriteria sangat valid. Reliabilitas silabus, RPP, LKPD dan instrumen kemampuan berpikir kritis fisika secara berturut-turut dengan nilai 94,52%, 90,36%, 91,78% dan 93,62% yang menunjukkan bahwa keseluruhan aspek yang dinilai memiliki kategori reliabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dan instrumen yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik pada materi getaran harmonik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Instrumen, Model Learning Cycle 5E, Kemampuan Berpikir Kritis Fisika, Getaran Harmonik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2021 04:05
Last Modified: 31 Jul 2021 04:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22961

Actions (login required)

View Item View Item