BAIQ, RIRIS WANDALIA (2021) HUBUNGAN KESADARAN METAKOGNITIF DENGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS MATARAM 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI_BAIQ RIRIS WANDALIA (E1A016010).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat kesadaran metakognitif mahasiswa S1 pendidikan biologi FKIP Universitas Mataram serta 2) Untuk mengetahui hubungan antara kesadaran metakognitif dengan nilai-nilai pendidikan karakter mahasiswa S1 pendidikan biologi FKIP Universitas Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram angkatan 2017 yang berjumlah 75 orang. Adapun sampel penelitiannya adalah 29 mahasiswa program studi pendidikan biologi yang diambil secara acak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil tingkat kesadaran metakognitif mahasiswa program studi pendidikan biologi dikategorikan berkembang dengan keterangan dapat dibantu menuju kesadaran berfikir sendiri jika tergugah atau di dukung. Uji korelasi antara kesadaran metakognitif dengan nilai-nilai pendidikan karakter diperoleh nilai r hitung 0,375 dengan nilai r tabel 0,367. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kesadaran metakognitif dengan nilai-nilai pendidikan karakter mahasiswa program studi pendidikan biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: Kesadaran Metakognitif, Pendidikan Karakter, dan Korelasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 05 Aug 2021 00:37 |
Last Modified: | 05 Aug 2021 00:37 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22970 |
Actions (login required)
View Item |