PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MTS HIKMATUSYSYARIEF NW SALUT NARMADA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Aflahul, Ma’wa (2021) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MTS HIKMATUSYSYARIEF NW SALUT NARMADA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI FULL (AFLAHUL MA'WA).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis PBL (Problem Based Learning) yang meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Hikmatusysyarief NW Salut Narmada tahun pelajaran 2020/2021 pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Sehingga, jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk. LKPD berbasis PBL (Problem Based Learning) merupakan LKPD yang disusun berdasarkan fase-fase pada model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Fase-fase penerapan PBL (Problem Based Learning) direpresantsikan pada kegiatan yang dilakukan pada LKPD. Pengembangan produk ini bertujuan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan pada proses belajar mengajar dan mengatasi kelemahan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Metodologi penelitian yang digunakan dalam mengembangkan LKPD berbasis PBL (Problem Based Learning) adalah 4D (Define, Design, Development, dan Dissemination). Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, kuisioner dan tes. Hasil penelitian adalah produk berupa LKPD berbasis PBL (Problem Based Learning) pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Produk telah dinyatakan valid dengan kriteria sangat baik oleh dua orang validator. Validator produk di sini adalah dosen program studi pendidikan matematika dan guru mata pelajaran matematika kelas VIII. Berdasarkan hasil uji coba terbatas terhadap penggunaan produk yang dikembangkan, diketahui bahwa LKPD berbasis PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII MTs Hikmatusysyarief NW Salut Narmada.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Aug 2021 00:37
Last Modified: 05 Aug 2021 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22980

Actions (login required)

View Item View Item