PENGARUH SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021

SRI, RADIATUN WAHIDA (2021) PENGARUH SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRI RADIATUN WAHIDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui pengaruh self concept terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII SMPN 1 Mataram tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian ex post facto, dengan sampel sebanyak 32 orang siswa kelas VIII F SMPN 1 Mataram tahun ajaran 2020/2021. Siswa mengisi dan menyelesaikan angket self concept serta soal tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Self concept yang dimiliki siswa 3,13% dikategorikan sangat baik, 21,87% siswa kategori baik, 62,5% siswa kategori cukup baik, dan 12,5% siswa kategori rendah. Sedangkan untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi terdapat 3,13% siswa dengan kategori sangat baik, 21,87% siswa kategori baik, 62,5% siswa kategori cukup baik, 9,37% siswa kategori kurang dan 3,13% siswa kategori kurang sekali. (2) Terdapat pengaruh self concept terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pengaruh yang dimaksud adalah apabila self concept siswa bertambah, maka kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa akan bertambah sebesar 0,787 dan apabila self concept siswa berkurang, maka kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa akan berkurang sebesar 0,787.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Self Concept, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Aug 2021 00:37
Last Modified: 05 Aug 2021 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22982

Actions (login required)

View Item View Item