PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII SMPN 19 MATARAM

MUHAMMAD, AGUNG ALGHIFAARI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII SMPN 19 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi M.Agung Alghifaari (E1R116023).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Macromedia Flash materi koordinat kartesius kelas VIII SMPN 19 Mataram. Media pembelajaran berbasis macromedia flash merupakan media audio visual yang disajikan dalam bentuk software yang terdiri atas KD, tujuan pembelajaran, materi dan quiz. Pengembangan ini bertujuan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan dalam proses pembelajaran yang selama ini terjadi karena guru kurang memanfaatkan media dalam pembelajaran dalam kelas, selain itu juga dapat membantu siswa dalam mempelajari konsep koordinat kartesius khususnya dalam memvisualisasikan objek-objek yang ada pada materi tersebut. Metodologi penelitian yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran ini adalah 4D (Define, Design, Developement, Dissemination). Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan angket. Hasil penelitian berupa produk software media pembelajaran materi koordinat kartesius berbasis macromedia flash yang berbentuk CD. Produk telah dinyatakan valid dengan kriteria baik oleh 4 orang validator. Berdasarkan uji coba terbatas diketahui bahwa respon siswa kelas VIII SMPN 19 Mataram terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis macromedia flash materi koordinat kartesius adalah berkategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pengembangan Media, Macromedia Flash, Media Pembelajaran Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Aug 2021 00:37
Last Modified: 05 Aug 2021 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22986

Actions (login required)

View Item View Item